2019-03-08

Bimbingan Teknis Inovasi Teknologi Komoditas Pala Fakfak

BPTP PAPUA BARAT
...

Kementerian Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai inovasi teknologi untuk mendukung peningkatan produksi dan ekspor komoditas pala Fakfak pada era milenial. Acara diadakan pada Jumat, 08 maret 2019 di Aula Balai Diklat Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak.

Acara dihadiri setidaknya oleh 200 peserta yang terdiri dari perwakilan instansi-instansi vertikal, Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan Kabupaten Fakfak serta para Petani pala di Kabupaten Fak-Fak dan sekitarnya. Acara Bimtek tersebut dibuka dengan beberapa sambutan dari perwakilan institusi-institusi terkait tersebut.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Kepala Bidang KSPHP Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan, Ir. Jeflina Constansje Alouw, M.Sc., P.hD yang mewakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Jeflina menyampaikan, dalam pengembangan komoditas pala Indonesia mempunya potensi yang tinggi dikarenakan didukung sumber daya alam yang dimilikinya, yakni lahan pala terluas didunia. Namun, dalam hal produktivitas dan ekspor, Indonesia tidak dapat menduduki peringkat pertama. Hal tersebut merupakan pekerjaan yang tentu harus segera dituntaskan. Ia berharap bahwa Fakfak dapat menjadi pusat produksi dan ekspor komoditas pala yang dapat menguasai pasar internasional.

Assisten II Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Kabupaten Fakfak, Charles Kambu, S.Sos., M.Si. turut memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Charles berharap setelah adanya bimbingan teknis kepada petani pala di Fakfak, dapat menjadikan petani pala lebih berkembang dan sejahtera.

Acara tersebut juga menjadi wadah dalam pemberian bantuan untuk menunjang produksi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada petani pala di Fakfak. Bantuan tersebut berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan juga bibit varietas pala papua atau pala negeri. Petani-petani yang hadir dalam bimtek berasal dari beberapa distrik di Kabupaten Fakfak. Beberapa distrik yakni Dulanpokpok, Torea, Kiat, Gewerpe, Randuri, Kapaurtutin, Porum, Brongkendik, Sekru Tuare, Weri kapal, Wagom utara, Wefra, Lusiperi, Wurkendik, Tanehamur, dan Siboru.

Sub Sektor : Pala
Komoditas : Perkebunan
Teknologi yang Digunakan :
http://papuabarat.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/331-bimbingan-teknis-inovasi-teknologi-komoditas-pala-fakfak